Senandung RASA Ketika hati dan otak mulai tak mampu lagi menampung rasa dan lisan tertahan untuk menyenandungkannya, maka tulisan mengambil alih untuk menyampaikannya. Menyenandungkan semua tentang Rasa...

Senin, 11 Agustus 2014

Taaruf = Perjodohan

Baru-baru ada temen gue yang ditaarufin.. juga ada ponakannya temen gue yang katanya dijodohin... mmmm ditaarufin sama dijodohin itu sama ga sih?
Mmmm.... kalau menurut gugle nih, taaruf itu adalah proses perkenalan antara pihak pertama dan pihak kedua dengan sebelumnya berkenalan melalui perantara dan didampingin pihak ketiga. Pihak pertama ini ya bisa si cowo atay cewe, gitu juga pihak kedua. Perantara ini, bisa temen, sohib, tante, nenek, om, kakek, siapapun yang kenal baik dengan pihak pertama dan kedua itu. Sementara pihak ketiganya ya keluarga dari masing-masing yang jadi saksi pertemuan. Hahahahaha...
Kalau dijodohkan, itu adalah seseorang yang udaj fix, dicariin oleh orang tua, kerabat atau siapapun yang dipercaya.

Sama ga sih taaruf dengan dijodohkan ini?

Buat gue pribadi, nyaris sama. Taaruf tuh kalau jaman sekarang bisa jadi semacam ajang perjodohan yang diatur keluarga secara halus. Katanya sih cuma taarufan. Cuma kenalan. Tapi ketika calonnya nongol, si cewe/cowo bakal kebingungan buat nolak. Kenapa begitu? Karena, yang datang taaruf itu bisa aja anaknya kolega bokap, sohib baeknya abang atau mbak, anaknya sohib bonyok. Nah loh. Kalau kaya gini, taaruf jadi ajang perjodohan.

Kaya kasus temen gue sama ponakannya temen gue. Mereka udah sama-sama punya pilihan hati sendiri. Tapi mau nolak ya bingung. Yang satu pilihan hatinya ga disukain sama abangnya, yang satu lagi pilihan hatinya ga bisa tegas. Uwooowww.... kalau udah gini, si cewe jadi nelangsa.
Aku kudu piye?
Aku harus opo?
kemaren-kemaren aku rapopo.... tapi suwi-suwi aku ra sanggup lagi!!!!!!!
Eh. Oke, gue kebablasan. Hahahaha....

Buat yang cewe-cewe.... gais, ketika ada orang yang datang ke elo dengan judul taaruf. Kalau emang lo udah punya pilihan sendiri. Lo bilang. Selagi pilihan hati lo itu jelas keberadaannya. Jangan sampai terjebak dalam sebuah hubungan yang ga didasari sama hati. Sakit. Nyesek. Mual. Pusing. Ga enak pokoknya. Dan juga, itu ga hanya menyakiti diri lo sendiri, tapi pilihan hati lo yang mana tau kebetulan punya rasa yang sama kaya lo. Sakit banget itu. Nyeeesss!!!! Nyeeeeppp!!! Aaaaaaaaaakkkkkkkk!!!!!!!

Buat yang cowo, kalau lo pada diajak bonyok, kerabat, keluarga dekat, siapapun itu, buat taarufan. Ketika lo jatuh suka pada pandangan pertama dengan si dia yang ditaarufin, lo kudu nanya dulu ke si dia ini. Jangan sampai si dia terpaksa nikah sama lo. Apapun yang dipaksa tu, hasilnya ga yoi. Ga mantep. Ga joooss!!! Lo dapet badan doang, ga hati. Mana jalan rumah tangganya.

Iya, di Islam ga ada istilah pacaran. Tapi tetep, menikah itu untuk sekali seumur hidup. Bagus kalau nanti setelah nikah bisa mupuk cinta dengan baik tanpa mengingat sang pilihan hati yang terpaksa ditinggalkan. Tapi kalau masih ingat? Sakitnya dobel. Dosanya dobel juga. Uwoooooowww....
Menikah itu, butuh kecocokan. Paling enggak ketika ngeliat. Nyes! Langsung jebret. Nancep. Jaman dulu sama jaman sekarang beda. Kalau jaman dulu, pasrah sama keadaan. Jaman sekarang ga. Jaman dulu cewe cuma diam nunggu pilihan dari keluarga. Jaman sekarang, cewe ni udah kena masa emansipasi.... jadi, ya para ladies ini merata udah punya tambatan hati sendiri.

Ya yang paling aman sih. Klau memang keluarga lo termasuk keluarga yang melarang keras pacaran sebelum nikah dan udah terindikasi bakal akan adanya taaruf atau perjodohan versi halus, ya ga usah macem-macem buat suka sama seseorang. Jangan sampai nyakitin diri lo juga orang itu. Karena ga selamanya orang yang ditinggal nikah oleh kekasih yang tercinta tu, bisa survive hidupnya. Banyak juga yang gila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Airalaks, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena