Senandung RASA Ketika hati dan otak mulai tak mampu lagi menampung rasa dan lisan tertahan untuk menyenandungkannya, maka tulisan mengambil alih untuk menyampaikannya. Menyenandungkan semua tentang Rasa...

Rabu, 25 Juni 2014

Palembang Part 2 - Macet! Menerawang! Maksa! Mahal!



 
lampunya bagus ya... :D

Yipiiiii.... Gue pengen lanjutin lagi kisah gue di kota pempek ini. Ini hari pertama gue tiba di kota yang –demi apapun panas banget- indah ini. Hari pertama menginjakkan kaki di kota ini, gue sama adek gue langsung pasang obsesi buat manjatin tiang ampera! Huhahahaha.... Tapi sebelumnya, skejul pertama adalah nganterin adek gue nyari tempat dia buat tes SMBPTN besok pagi. Jadi, berangkatlah gue bareng dua adek sepupu gue lainnya, dua adek sepupu yang kebetulan badan sama wajahnya jauh lebih tua dari pada gue. Iya, iya, guekan masih imut banget. :D

Perjalanan pertama menuju lokasi tes adek gue besok, kami tempuh dengan lancar dan selamat. Walaupun panasnya nyengat sampai ke tulang, dan macetnya bikin pegel pantat, tangan, juga kaki. Gue sama adek-adek gue sampai di kawasan Puncak Sekuning itu. Setelah keliling nyari ruang ujian selama setengah jam dan cuci mata dikit liat china-china sesat yang kebetulan banyak banget disana, gue dan ketiga adek gue ini memutuskan untuk main ke sekitaran Ampera.

Setelah menempuh perjalanan yang makin sore makin macet, kami tiba di sekitaran Ampera yang, woaahhhhh!!!! Rame gilak cuii!!! Padahal hari senin loh. Berhubung masih panas banget, gue sama adek gue memutuskan untuk mampir ke Museum Sultan Mahmud Badarudin II. Museumnya rame. Nggak kayak di Kota asal gue. Museum udah sama kayak kuburan. Sepi, sunyi, Cuma ada penjaga gerbangnya doang. Udah kayak mau lewatin pintu neraka aja, saking horornya tuh museum. 

Oke, back to SMB II...
Gue dan ketiga adek gue masuk ke dalam museum yang terletak di lantai 1. Setelah bayar tiket masuknya, kami disambut sama seorang datuk yang menggunakan pakaian khas Palembang. Di tangan kanannya terdapat sebilah besi kecil, entah untuk apa. Gue sama adek gue langsung curiga, ni orang jangan-jangan tourguide. Tapi, berhubung adek gue yang dua orang lagi udah dengan pedenya ngikutin tu datuk, mau nggak mau gue dan adek gue yang satunya ngikut juga. Dan benerkan, ni datuk tourguide. Hemm...

Datuk  ini menjelaskan tentang semua benda yang ada di dalam museum tersebut. Dari mulai prasastinya sampai ke ranjang pengantin. Ketiga adek gue, dengan penuh perhatian dan seksama menyimak penjelasan si datuk. Sementara gue, gue asyik foto selfie. Akakakaakak....

Akhirnya, setelah berkeliling hampir 1,5 jam. Kami tiba kembali di depan pintu masuk. Masih duduk-duduk di dekat miniatur rumah adat Sumatra Selatan, si datuk datang lagi. Adek gue langsung bisik-bisik. “Ni datuk mau minta duit lagi ya, Yuk? Kok balik lagi?”, gue Cuma nyengir sambil dengerin segala praduga adek gue. Tapi, ternyata, si datuk bukan mau minta duit lagi, tapi malah nanya umur dan kerjaan kami sekarang.

Adek 1 : Saya masih 15 tahun, Tuk. Baru kelas 2 SMA.
Adek 2 : Saya masih 15 juga, tapi baru kelas 1 SMA.
Adek 3 : Saya baru lulus SMA, Tuk. Ini mau ikut tes besok.
Gue : Saya udah mau kelar kuliah, Tuk. Hehehe

Si datuk langsung ngomong, “Datuk nggak tahu asal kalian, datuk juga nggak tahu siapa orang tua kalian. Tapi datuk bisa liat kalian.” Datuk itu lalu menatap kami satu persatu.

Datuk ke adek 1 : Kamu itu terlalu boros. Jadi perempuan harus bisaa atur uang. Tangannya jangan terlalu gatal.

Datuk ke adek 2 : Kamu itu cita-citanya banyak. Liat orang jadi dokter mau jadi dokter, liat orang jadi guru mau jadi guru, liat orang mau jadi bidan kamu juga mau jadi bidan. Sudah besar, harus bisa memikirkan masa depan dari sekarang.  (Dalam hati gue nyambungin, jangan-jangan adek gue yang ini kalau ada power ranger beneran, dia mau jadi personilnya juga. Ranger ungu gitu. Belum adakan?)

Datuk ke adek 3 : (Diem, merhatiin dengan seksama) Kalau orang tua ngomong itu di dengar. Tandanya ortu masih sayang. Jangan bantah. Jadilah dewasa, jangan seperti anak kecil terus.
Ketiga adek gue shock, soalnya omongan si datuk ini emang bener semua. Lalu si datuk noleh ke gue. Gue jujur aja degdegan. Soalnya si datuk ngeliatin gue kaya gimana gitu. Gue pikir ni datuk naksir gue. Hahahaha....

Datuk ke gue : Hidup kamu itu udah berat. Jangan ditambah lagi. Jangan terlalu memikirkan orang yang bahkan belum tentu mikirin kamu. Hati itu tahu kebenarannya. Jodoh itu akan datang pada waktunya. Baik-baiklah, Insya Allah kamu akan mendapatkan dia yang terbaik dan mampu menerima semua lebih dan kurang, semua masa lalu dan semua yang di depan.

Gue bengong. Diem liatin tuh datuk yang senyum-senyum sok ramah ke gue. Lalu, datuk itu pergi ninggalin gue yang langsung dikerubungin sama ketiga adek gue. Udah macam ikan dikerubungin laler aja. No coment, woi! Gue aja shock! Hih jadi adek kok ya pada heboh! Tapi omelan gue tak diindahkan oleh adek-adek gue ini. Untungnya, kumandang Adzan Ashar nyelametin gue.  Yes!!! Gue langsung dengan manisnya ngomong, “nyari masjid yuk, Dek. Udah adzan tuh loh.” Lalu gue langsung ngacir. Hahaha...

Nah, masjidnya lumayan jauh juga. Dan gue pergi sama adek-adek yang jalannya lelet banget. Tau-tau aja gue udah jalan sendirian. Dan jalanan di sekitar Ampera itu, penuh sama angkot yang keneknya maksa banget nawarin buat naik angkotnya.
“Mbak, angkot nggak?”
“Nggak mas.”
“Naik aja Mbak. Jalan tuh capek.”
“Nggak, Mas. Makasih.”

Terus gue jalan lagi, sambil usaha nahan sabar dan gondok. Soalnya si kenek tadi masih ngejar-ngejar buat nawarin angkotnya. Gilak, maksa banget! Dan kejadian itu berulang-ulang sampai gue tiba di Masjid Agung yang terletak di seberang jalan. Astagfirullah. Dan rupanya, ketiga adek gue juga mengalami hal yang sama. Mereka sampai 10 menit setelah gue. Dan gue langsung diomelin karena ninggalin mereka. Salah sendiri, jalan kok kayak penganten! Udah tahu macet banget.

Setelah sholat dan duduk-duduk sebentar. Gue dan ketiga adek gue balik lagi ke arah Ampera buat nyari makan. Dan ternyata yang punya warung makan sama persis kaya si kenek-kenek angkot tadi. Maksa! Buset.... Ni kota penuh paksaan banget.  Gue mutusin buat masuk di salah satu warung bakso. Hal ini dikarenakan request semua adek-adek gue. Ya udah, gue sebagai Kakak yang baik dan sebagai tukang bayarin, nurut.

Lima menit menunggu. Akhirnya makanan sampai. Dann..... Mata gue sama adek gue melotot. Gilak. Ini bakso terdikit yang pernah gue liat! Buset! Dan harganya 10 ribu.. Ini mah takaran harganya 5 ribu. Dasar! Mau naik haji apa? Hiiisshhh.... 

Yah la macet, yah la mahal, yah la diterawang yang bikin gue shock. Ampuuunnnn!!! Kapok gue maen kesini. Semoga adek gue di terimanya di kota lain aja. Jangan disini. Demi apapun gue nggak betah!!! Mana nggak ada pantai pula. Yang ada Cuma sungai yang sama aja bentuknya kayak sungai-suangi lainnya. Nothing special. Nggak lagi-lagi deh main kesini lama-lama. Bangkrut badan, bangkrut dompet, bangkrut semuanya!!! Dan perjalanan malam ini, diakhiri dengan poto-poto nggak jelas di atas jembatan Ampera yang, ngomong-ngomong kece badai kalau lampunya dah pada nyala. :D


Einca, 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Airalaks, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena