Senandung RASA Ketika hati dan otak mulai tak mampu lagi menampung rasa dan lisan tertahan untuk menyenandungkannya, maka tulisan mengambil alih untuk menyampaikannya. Menyenandungkan semua tentang Rasa...

Kamis, 12 Juni 2014

Harapan.....

Harapan....

Kalian pasti nggak asing dengan kata harapankan? Kalian semua pasti pernah punya harapan, atau sedang punya harapan. Entah itu kalian sadari atau nggak. Kalian  pahamkan sama pengertian harapan?
Kalau nggak tahu, kalian tanya aja sama Uyut Google deh. Banyak banget pengertian harapan.

Bagi gue sendiri, harapan itu adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dan diusahakan. Harapan itu ada untuk membuat manusia lebih berusaha dan selalu berjuang dalam hidupnya. Berjuang dalam hal apapun.  Entah itu dalam hal percintaan, kerjaan, dan sebagainya. Pokoknya untuk kehidupan. Jangan pernah bilang kalau kalian nggak punya harapan, nggak berharap, atau apapun itu. Sekecil apapun itu, dari dalam diri kita masing pasti punya harapan. Sadar atau nggak.
Gue pernah ngobrol sama seseorang. Tentang harapan ini. Dia termasuk orang yang nggak percaya sama yang namanya harapan.

"Gue nggak berani berharap!"

"Kenapa?"

"Gue takut kalau harapan itu nggak kesampaian, gue ntar sakit."

"Harapan nggak akan bikin lo mati!"

Dia diam. Diam  dengan kalimat ketus gue. Iyap. Harapan nggak akan bikin siempunya harapan itu mati. Kalau kita berusaha dan berjuang untuk harapan itu. Kalaupun nanti harapan itu nggak jadi kenyataan, kita nggak akan sesakit dan sejatuh itu.

Pernah dengar cerita tentang kotak pandora? Yang di mitos-mitos Yunani itu loh. Nah, menurut mitos Yunani kuno, di dalam kotak pandora itu  dulunya ada banyak banget semua sifat-sifat alami manusia, tapioleh Dewa Zeus, beberapa dibebaskan. Lo tau, hanya ada satu yang masih bertahan di dalam  kotak itu. Harapan. Itu satu-satunya sifat dasar dalam diri manusia yang nggak akan punah dimakan waktu.
Doapun, itu juga bentuk sebuah harapan. Gue dulu pernah ngomong, "gue nggak berharap, tapi gue berdoa!". Dan temen gue yang denger ini langsung ketawa. Setelah gue renungi, pantas aja gue diketawain. Sejak kapan berdoa tapi nggak berharap. Berdoa itu yang berharap Allah mengabulkan doa yang kita panjatkan, atau minimal denger doa itulah. Hahaha....

Jadi, jangan pernah bilang lo nggak punya harapan. Nggak berani berharap. Nggak mau berharap. Percayalah, punya harapan itu indah. Hidup lo akan lebih hidup. Orang yang nggak punya harapan, pasti dia seperti mati dalam hidup. Hampa. Kosong. Abu-abu. Dan, bagaimana lagi lo perjuangin  hidup  lo kalau lo  nggak berani menghidupkan dan menggantungkan lampion  harapan!



Einca, 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Airalaks, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena